Select Your Favorite Color

Minggu, 02 Juni 2013

GAME DESIGN CONSEPT PADA FINAL FANTASY



Game Design Concept adalah suatu proses pengembangan atau perancangan dalam membangun sebuah game seperti desain gameplay, karakter, dan lingkungan. Game design concept mempengaruhi kualitas dari suatu game yang dibuat. Semakin bagus game design consept yang digunakan maka akan semakin besar pula peluang game tersebut menjadi terkenal di pasaran,
Final Fantasy adalah seri permainan game RPG konsol dan komputer yang diciptakan oleh Hironobu Sakaguchi dan diproduksi oleh Square Enix. Final Fantasy merupakan salah satu game paling populer di diantara jenis-jenis game RPG yang ada. Final Fantasy  Siapa yang tidak kenal tokoh Cloud, Tidus, dan Lighting? Mereka semua merupakan tokoh-tokoh dari serial Final Fantasy yang sudah sangat lekat diingatan para pecinta game Final Fantasy. Kepopuleran game Final Fantasy tidak didapat secara instan tetapi didapat dari waktu yang panjang sehingga game ini dapat dikenal oleh masyarakat luas.
Untuk membuat sebuah game yang dapat poppuler dipasaran, para pengembang game harus memperhatikan faktor yang mempengarui sebuah game laku dipasaran atau tidak. Ada faktor-faktor yang mempengaruhi sebuah game dapat menjadi populer di masyarakat yaitu :
  
      1. Story Line (Alur Cerita)

Sebuah game akan disukai oleh banyak orang apabila game tersebut memiliki cerita yang unik dan belum pernah ada sebelumnya. Alur cerita akan membangkitkan gairah orang yang memainkan game tersebut untuk selalu ingin mengetahui kelanjutan cerita dari game tersebut. Alur cerita yang baik dan tidak bertele-tele juga akan memudahkan para pemain untuk mengerti alur cerita yang diusung oleh game tersebut. Biasanya alur cerita yang bertele-tele dan tidak jelas akan membuat para gamer akan malas memainkan lagi game tersebut.
Pada game Final Fantasy alur ceritanya dibuat semenarik mungkin oleh para pengembang game tersebut. Final Fantasy menawarkan sebuah cerita adventure yang membuat seorang pemain akan bertindak sebagai tokoh utama yang bertujuan untuk menyelamatkan dunia dengan mencegah para orang jahat untuk menguasai dunia. Setting dari game Final Fantasy berorientasy pada dunia fantasy Alur cerita pada Final Fantasy juga sering dibalut oleh kisah romance tokoh utama dengan tokoh permempuan dalam game yang membuat seorang pemain akan semakin tertarik memainkannya. Alur cerita pada serial Final Fantasy berbeda-beda namun masih ada keterkaitan antara satu serial dengan serial yang lain walau tidak mempunyai keterhubungan langsung, maksudnya ada beberapa kemiripan suatu event dari cerita sebelumnya namun tidak memiliki pengaruh bagi cerita pada game selanjutnya. Alur cerita yang menarik ini merupakan salah satu faktor yang membuat game Final Fantasy sangat dinantikan oleh para gamer.

2. Gameplay
 
Gameplay adalah cara memainkan suatu game. Gameplay game sangat menentukan game tersebut akan disukai oleh para gamer atau tidak. Gameplay yang rumit akan membingungkan gamer dalam memainkan game tersebut. Final Fantasy memiliki gameplay yang cukup menarik dimata para gamer. Gameplay yang cepat dan dibutuhkan konsentrasi membuat Final Fantasy menjadi salah satu gameplay terbaik dalam kategori game RPG.








          3. Free to play

Sebuah game akan dapat dikategorikan menjadi dua yaitu game berbayar dan game tidak berbayar. Game berbayar akan mendapatkan keuntungan dari setiap orang yang membeli game tersebut. Sedangkan game tidak berbayar akan mendapatkan keuntungan dari iklan yang mereka sisipkan dalam game tersebut. Biasanya game berbayar akan lebih menampilkan kualitas grafis dan teknis yang lebih baik daripada game tidak berbayar. Namun salah satu faktor tersebut tidak dapat menjadi suatu selalu membuat suatu game menjadi populer. Faktor-faktor lain seperti gameplay dan alur cerita sebuah game juga turut mempengaruhi suatu game dapat menjadi populer di masyarakat. Fenomena di dunia saat ini game tidak berbayar justru sangat banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan seorang player langsung bisa memainkan gem tersebut tanpa membayarkan uang kepada pihak developer. Walaupun Final Fantasy merupakan salah satu game yang berbayar tapi hal itu sebanding dengan apa yang player dapatkan dalam permainan. Tampilan grafis yang memukau dan gamelpay yang fantastis sudah membuatnya menebus apa yang telah dibayarkan oleh gamer.

      4. Karakter

Karakter mempunyai peranan penting dalam pembuatan sebuah game. Sebuah game pastinya akan mempunyai satu tokoh karakter yang ingin diceritakan. Karakter dalam sebuah game terbagi menjadi bermacam-macam antara lain karakter utama, karakter pendukung, dan karakter musuh atau atagonis. Karakter dalam sebuah game juga harus mempunyai sifat atau watak yang kuat dan unik sehingga bias dibedakan dengan karakter lain. Karakter yang mempunyai sifat yang unik dan belum ada sebelumnya akan mempermudah seorang gamer untuk mengingatnya. Karakter-karakter dalam game Final Fantasy dibuat dengan menggunakan konsep char yang unik antar karakternya. Sebagai contoh karakter utam cloud dalam Final Fantasy VII mempunyai sifat yang pendiam, berwibawa dan cool. Ini berbeda dengan sifat dari karakter utama Tidus pada Final Fantasy X yang periang dan bertindak semaunya. Penciptaan karakter yang unik inilah yang membuat seorang gamer tertarik untuk memainkannya.
 









Referensi :
en.wikipedia.org/wiki/Final_Fantasy



Kamis, 02 Mei 2013

RENDERING FARM



Perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi saat ini memungkinkan proses merendering suatu objek 3D atau animasi menjadi instan. Tetapi perkembangan dunia animasi yang selalu berusaha menampilkan objek 3D serealistik mungkin juga memaksa hardware yang digunakan untuk untuk selalu dapat membuat objek 3D serealistik mungkin secara cepat. Hal itu tidak dapat dilakukan jika hanya menggunakan satu komputer untuk proses rendering sebuah objek 3D atau animasi dengan waktu yang singkat. Untuk dapat merender suatu objek 3D atau animasi tersebut dapat memakan waktu berjam-jam atau berhari-hari pengolahan jika hanya menggunakan satu komputer. Oleh karena itulah saat ini dikenal istilah Rendering Farm.  

Alasan digunakan Rendering Farm adalah karena untuk melakukan proses render biasanya membutuhkan waktu yang lama, terutama untuk rendering gambar yang terlihat nyata. Rendering Farm dikendalikan oleh satu mesin server pusat yang mendistribusikan beban kerja untuk setiap komputer yang ada. Cara ini berguna untuk mengerjakan proyek-proyek besar seperti pembuatan animasi film. Ketika objek selesai dibuat, objek tersebut kemudian dikirim ke Render Server pusat. Server kemudian memecah pekerjaan menjadi potongan-potongan, mengirim setiap bagian ke node render dan kemudian mengumpulkan potongan-potongan yang telah selesai. 

Ilustrasi Rendering Farm


Untuk membangun suatu rendering farm maka dibutuhkan suatu software pembantu yang dapat difungsikan sebagai tools untuk melakukan proses rendering secara paralel. Yadra adalah salah satu tools yang dapat digunakan untuk membangun sebuah rendering farm. Yadra akan sangat efektif bila digunakan untuk merender suatu animasi, sebab yadra bekerja dengan cara memecah dan mendistribusikan frame-frame animasi kepada setiap komputer. Proses memecah frame dilakukan secara manual oleh user dengan cara melakukan ssh pada tiap komputer client.

Tampilan Yadra

Seluruh Rendering Farm disimpan di ruang khusus dengan listrik ekstra dan pendinginan. Server render utama terletak di sebelah server pusat dan node render disimpan dalam rak. Rendering Farm pada awalnya hanya berjumlah 10 CPU, tetapi telah berkembang menjadi lebih dari 150, hal ini dikarenakan untuk memastikan kualitas tinggi dengan waktu render yang lebih kecil.
Untuk mengelola Rendering Farm kita harus mengerti tentang queue  (antrian) yang secara otomatis mengatur dan mendistribusikan proses ke banyak prosesor. Setiap "proses" bisa menjadi render satu objek penuh, beberapa objek, atau bahkan sub-bagian dari suatu objek. Perangkat lunak seperti Yadra yang berfungsi untuk memfasilitasi komunikasi antara prosesor dan queue. Beberapa fitur umum dari queue adalah: re-prioritas antrian, manajemen lisensi perangkat lunak, dan algoritma untuk mengoptimalkan hasil yang terbaik berdasarkan berbagai jenis komputer di Rendering Farm.



Referensi :





Sabtu, 13 April 2013

Cara Membuat Extended Power Menu (EPM)

Extended Power Menu (EPM) adalah menu tambahan yang ada pada menu shutdown atau ketika kita menekan lama pada tombol power. Tutorial ini akan menjelaskan bagaimana caranya menambahkan EPM. Untuk basic firmware yang dipakai adalah Stockrom deodexed DXLK1 namun tutorial ini tetap bisa dipraktekan di semua firmware, termasuk di rom yg udah make custom rom ataupun theme. Karena EPM bawaan DXLK1 ada 4, jadi kita akan coba menambahkan 3 menu lagi yaitu reboot, recovery, dan screenshot.


!! DO WITH YOUR OWN RISK !!
!! DON'T MIRROR LINK !!
!! SEDIA BACKUP SEBELUM BOOTLOOP !!

Alat-alat yang dibutuhkan :
1. PC/Laptop
2. APK Multi Tool
3. Notepad++
4. Smali untuk ScreenCapture (download di sini : http://db.tt/KOP7jWoj)
5. Pengalaman compile apk
6. Framework-res.apk dan android.policy.jar (ambil dari /system/framework/ trus taro di folder \APK-Multi-Tool\place-apk-here-for-modding\ )
7. 7zip, WinRAR atau aplikasi kompresi sejenis.
8. 4 Gambar berformat png buat icon reboot, recovery, dan Screenshot berukuran 24x24px.

Rename jadi :

  • ic_lock_reboot.png for reboot menu
  • ic_lock_recovery.png to enter recovery
  • ic_lock_download.png for download Mode
  • ic_lock_skrinsyot for screenshot menu

Tutorial :

=== MISSION 1 Membuat android.policy.jar agar bias decompile menggunakan APK Multi Tool ===


  1. Klik kanan pada android.policy.jar dan pilih Extract to android.policy/
  2. Buka folder android.policy hasil extrak tadi, di dalamnya akan ada folder META-INF dan file classes.dex
  3. Sorot/blok kedua file tsb -> klik kanan -> Add to Archive -> Pilih format Archive ZIP -> Rename filenya jadi android.policy.apk -> OK
  4. Kemudian, copy android.policy.apk ke folder place-apk-here-for-modding.
  5. Mission 1 Completed

===== MISSION 2 Compile framework-res.apk =====

1. Buka Script.bat
2. Pilih 24 trus enter. Pilih framework-res.apk dan enter lagi.
3. Pilih 9 buat decompile.
4. Copy 4 icon yang udah disiapin tadi ke \APK-Multi-Tool\projects\framework-res.apk\res\drawable-ldpi\
5. Buka folder values. Edit strings.xml menggunakan notepad++. Tambahkan kode ini di atas </resources>

    <string name="reboot_recovery">Recovery</string>
    <string name="reboot">Reboot</string>
    <string name="ic_skrinsyot">ScreenCapture</string>

SS 1 : http://s7.postimg.org/ndq9aw7m3/epm1.png

6. Save strings.xml and close.
7. Recompile framework-res.apk. Pilih 11 di script.bat
8. Di folder keep hapus resources.arsc dan folder drawable-ldpi
9. Hapus framework-res.apk yang ada di folder place-apk-here-for-modding. Dan rename System_framework-res.apk jadi framework-res.apk.
10. Decompile lagi framework-res.apk dan buka /values/public.xml
11. Cari kode hexnya untuk 4 gambar dan 3 strings tadi.

SS 2 : http://s7.postimg.org/aaz85d6rv/epm2.png

Dan

SS 3 : http://s7.postimg.org/tu3teq5jf/epm3.png

Liat typenya. Kalau drawable brarti buat gambar. Kalau string brarti ya buat strings.
12. Mission 2 Completed

===== MISSION 3 Compile android.policy.apk =====

1. Buka Script.bat (lagi)
2. Pilih 24 trus enter. Pilih android.policy.apk dan enter lagi.
3. Pilih 9 buat decompile.
4. Buka file GlobalActions.smali di \APK-Multi-Tool\projects\android.policy.apk\smali\com\android\internal\policy\impl\
5. lalu cari baris ini :"new-array v0, v11, [Lcom/android/internal/policy/impl/GlobalActions$Action;" ini adalah layout untuk 4 menu.
6. kemudian liat baris ini "new-array v0, v0, [Lcom/android/internal/policy/impl/GlobalActions$Action;" ini adalah layout untuk 3 menu.
7. Untuk DXLK1, memakai layout 4 menu, jadi nanti kita mod layout yang "new-array v0, v11, [Lcom/android/internal/policy/impl/GlobalActions$Action;"
8. Cari kode .method private createDialog()Landroid/app/AlertDialog;
9. Ubah kode const/4 v11, 0x4 jadi const/4 v11, 0x7

SS 4 : http://s7.postimg.org/gegsp9x1n/epm4.png

10. Cari kode const/4 v1, 0x3. Blok Seperti gambar di bawah ini.

SS 5 : http://s1.postimg.org/jukzr9a2n/epm5.png

Kemudian Hapus.

SS 6 : http://s7.postimg.org/sy7bz9vuz/epm6.png

11. Copy kode ini di bekas kode yang dihapus tadi.

===================START===================

    const/4 v1, 0x3

    new-instance v2, Lcom/android/internal/policy/impl/GlobalActions$11;

    const v3, 0x10803ef

    const v4, 0x10404ef

    invoke-direct {v2, p0, v3, v4}, Lcom/android/internal/policy/impl/GlobalActions$11;-><init>(Lcom/android/internal/policy/impl/GlobalActions;II)V

    aput-object v2, v0, v1

    const/4 v1, 0x4

    new-instance v2, Lcom/android/internal/policy/impl/GlobalActions$12;

    const v3, 0x10803f2

    const v4, 0x10404ee

    invoke-direct {v2, p0, v3, v4}, Lcom/android/internal/policy/impl/GlobalActions$12;-><init>(Lcom/android/internal/policy/impl/GlobalActions;II)V

    aput-object v2, v0, v1

    const/4 v1, 0x5

    new-instance v2, Lcom/android/internal/policy/impl/GlobalActions$13;

    const v3, 0x10803f3

    const v4, 0x10404ed

    invoke-direct {v2, p0, v3, v4}, Lcom/android/internal/policy/impl/GlobalActions$13;-><init>(Lcom/android/internal/policy/impl/GlobalActions;II)V

    aput-object v2, v0, v1

    const/4 v1, 0x6

    new-instance v2, Lcom/android/internal/policy/impl/GlobalActions$4;

    const v3, 0x1080030

    const v4, 0x1040123

    invoke-direct {v2, p0, v3, v4}, Lcom/android/internal/policy/impl/GlobalActions$4;-><init>(Lcom/android/internal/policy/impl/GlobalActions;II)V

    aput-object v2, v0, v1


===================STOP===================
Sehingga hasilnya akan seperti ini
 
SS 7 : http://s7.postimg.org/cbprq72x7/epm7.png

12. Lihat baris "const/4 v1, 0x3" baris ini berurut dari atas ke bawah, jangan sampe sama. Berdasarkan kode di atas, berarti urutan EPM yang bakal ada di hh adalah Reboot, Recovery, Screen capture dan Shutdown.
13. "const v3, 0x108xxxx" adalah source gambar/drawable, lihat public.xml tadi, dan ganti sesuai hex yang ada. misal kita punya kode hex "0x010803ef" untuk reboot maka untuk di smali, buang angka 0 di belakang tanda "kali or x" sehingga jadi "0x10803ef" 
14. "const v4, 0x104xxxx" adalah source gambar, lihat public.xml tadi, dan ganti sesuai hex yang ada. misal kita punya kode hex "0x010404e3" untuk reboot maka untuk dismali, buang angka 0 dibelakang tanda "kali or x" sehingga jadi "0x10404e3"
15. "GlobalActions$11" ini adalah pembacaan ke file lain, lihat di folder impl, angka berapa yang paling besar, kalo angka 11 udah ada maka gunakan angka selanjutnya yang gak ada di dalam folder impl. Dan bagian2 tersebut gak sama, punya file masing2 nantinya (file ini belum ada, nanti akan kita buat).
16. Sekarang liat baris dibawahnya, yaitu "const/4 v1, 0x3", di atas baris "new-instance v2, Lcom/a"ndroid/internal/policy/impl/GlobalActions$11;" . Urutkan angka terakhirnya sampai “new-instance v2, Lcom/android/internal/policy/impl/GlobalActions$4;” (biar jelas urutannya liat ss di atas).
17. Save and close.
18. Mission 3 completed

===== MISSION 4 (Bingung ngasih judulnya) =====

1. Copy file "GlobalAction$4.smali" (/com/android/internal/policy/impl/)" dan rename jadi "GlobalAction$11.smali" (atau angka selanjutnya setelah angka terbesar di dalam folder impl)
2. Buka file "GlobalAction$11.smali" di notepad++ dan replace/ganti semua kata "GlobalAction$4" menjadi "GlobalAction$11".
3. Cari kode seperti ini

SS 8 : http://s7.postimg.org/x9vxoa2rv/epm8.png

4. Replace/ganti kedua baris kode tersebut dengan kode ini. (garisnya gak usah dicopy juga)

    const/4 v1, 0x1

    const-string p0, "now"

    invoke-static {v0, p0, v1}, Lcom/android/internal/app/ShutdownThread;->reboot(Landroid/content/Context;Ljava/lang/String;Z)V
  Sehingga hasilnya seperti ini.

SS9 : http://s7.postimg.org/xnx9nvmvf/epm9.png

5. Simpan dan close file "GlobalAction$11.smali"
6. Copy file "GlobalAction$11.smali" dan rename jadi "GlobalAction$12.smali" lalu buka file "GlobalAction$10.smali" di notepad++
7. Replace semua kata "GlobalAction$11" menjadi "GlobalAction$12"
8. Replace [ const-string p0, "now" ] menjadi [ const-string p0, "recovery" ]

SS10 : http://s7.postimg.org/fza4a00i3/epm10.png

9. Simpan dan close file "GlobalAction$12.smali".
10. Copy file smali GlobalActions$13.smali dan GlobalActions$13$1.smali yang udah kita download tadi ke \APK-Multi-Tool\projects\android.policy.apk\smali\com\android\internal\policy\impl\Di sini
11. Buka lagi Script.bat, recompile android.policy.apk.
12. Di folder keep, hapus classes.dex.
13. Setelah recompile berhasil, buka folder place-apk-here-for-modding klik kanan pada System_android.policy.apk. Lalu pilih extract to..
14. Buka folder System_android.policy hasil ekstrak, Sorot/blok semua file di dalamnya (META-INF dan classes.dex). Klik kanan -> Add to archive.. -> Pilih format ZIP -> rename filenya jadi android.policy.jar -> OK.
15. Mission 4 Completed

===== MISSION 5 Install EPM =====

1. Setelah misi 1-4 berhasil. Misi ke-5 adalah installasi.
2. Gunakan flashable zip untuk menginstallnya. Jika belum punya, cari di dok).
3. Buka flashable zipnya. Buka \system\framework\
4. Drag n Drop file framework-res.apk dan android.policy.jar yang sudah kita bedah tadi ke dalam folder framework di flashable zip.
5. Copy flashable zip yang udah diisi tadi ke sdcard hh kalian.
6. Kemudian flash filenya via recovery mode / CWM.
7. Selesai dan reboot system now.
8. Prosesnya bakalan lama sekitar 3-5 menit. Mungkin lebih.
9. Dan TADAAAAAAAA…. Sekarang hh kalian sudah memiliki 7 EPM.
10. Mission 5 completed.

SS Hasil : http://s22.postimg.org/vhj0q03wh/hasilnya.png
Credits & Special Thanks to :
  • Ipul d’Cleverior. FB : Cleverior 
  • Om Ncez buat tutor EPeeMnya di grup Temporary GalY 
  • Om iBay. FB : al.gothic 
  • Tutorial [HOW TO] Extended Power Menu with no header (reboot / download / recovery) di xda http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1169443 
  • Galaxy Pocket Community (http://www.facebook.com/groups/Galaxy.Pocket)

!! DO WITH YOUR OWN RISK !!
!! DON'T MIRROR LINK  !!
!! SEDIA BACKUP SEBELUM BOOTLOOP !!

Minggu, 07 April 2013

History Final Fantasy

Pada september 1986 SQUARE CO., LTD didirikan. Awalnya Square Co., Ltd. didirikan dengan tujuan menginvasi dunia game RPG yang saat itu masih dikuasai oleh ENIX CORPORATION dengan seri Dragon Quest-nya. Square Co., Ltd. mengembangkan variasi-variasi RPG sederhana untuk Famicom Disk System(FDS) Nintendo yaitu sebuah perangkat berbasis disk yang digunakan pada Family Computer (Famicom) yang lebih dikenal dengan nama Nintendo Entertainment System. Pada tahun 1987, menurunnya minat terhadap FDS menempatkan Square di ambang kebangkrutan. Pada waktu itu perancang Square Hironobu Sakaguchi, mulai mengerjakan proyek ambisius baru yaitu sebuah permainan RPG fantasi untuk Famicom yang berbasis cartridge yang terinspirasi oleh permainan populer Dragon Quest milik Enix. Sakaguchi lalu merencanakan pensiun setelah menyelesaikan proyek ini sehingga ia menamainya Final Fantasy atau jika diterjemahkan akan menjadi "Fantasi Terakhir" karena akan menjadi permainannya yang terakhir dan juga permainan terakhir dari Square. Setelah meluncurkan game Final Fantasy ternyata tidak menjadikan permainan terakhir yang dibuat oleh Square karena respon yang diberikan oleh pasar gamer sangat baik dan menjadikan seri Final Fantasy produk terdepannya yang nantinya akan menjadi salah satu game legend hingga saat ini. Berkat keberhasilan seri pertamanya maka Square pada tahun 1988 kembali meluncurkan seri kedua dari game Final Fantasy yaitu Final Fantasy II untuk Nintendo Entertainment System. Kemudian berselang dua tahun kemudian tepatnya pda tahun 1990 seri Final Fantasy III kembali diluncurkan Square. Square terus meluncurkan seri-seri dari Final Fantasy dalam selang waktu yang konsisten setiap tahunnya seperti seri dari Final Fantasy VII pada tahun 1999 yang merupakan salah satu produk legenda dari Square yang dinilai mempunyai story line yang terbaik pada masa itu.

Pada tahun 2001 Square mengeluarkan seri Final Fantasy X untuk konsol PS2 yang merupakan salah satu game legenda dari Square Soft. Berkat kesuksesan Final Fantasy X, Square Soft kembali meluncurkan sub-seri FFX yaitu Final Fantasy X-2 dan Final Fantasy X-2 Last Mission beberapa tahun berikutnya.

Ditengah kesuksesan Square pada tahun 2000-an badai yang kelam kembali menghadang Square. Pada tahun 2001 Square mencoba membuat film 3D pertama yang menggunakan fotorealistik dengan judul Final Fantasy: The Spirits Within. Dirilis pada 11 Juli 2001 oleh Columbia Pictures, film tersebut menggunakan anggaran sebesar $ 137.000.000 dolar, tetapi hanya berhasil mendapatkan $ 85.000.000 dolar di seluruh dunia membuatnya menjadi salah satu bom box office terbesar sepanjang masa.

Dikarenakan oleh pembuatan Final Fantasy Spirit Within tersebut Square mengalami kebangkrutan sehingga akhirnya merge dengan perusahaan pesaingnya Enix. Akhirnya pada 1 April 2003 Square.co., Ltd bergabung dengan Enix sehingga nama perusahaan tersebut menjadi Square Enix. Setelah secara resmi Enix merge dengan Square, di mana para pemegang saham Square menerima 0,81 bagian saham dalam perusahaan baru ini sedangkan para pemegang saham Enix menerima bagian satu-banding-satu. Akan tetapi, posisi-posisi pimpinan dalam struktural perusahaan baru ini diduduki oleh pejabat-pejabat tinggi dari Square, termasuk presiden Square Yoichi Wada yang ditunjuk sebagai presiden perusahaan yang baru. Setelah resmi bergabung, Square Soft mulai meluncurkan beberapa produk baru untuk consolnya. Lalu pada tahun 2006 diluncurkan seri terbaru yaitu Final Fantasy XII yang mengikuti kesuksesan FF sebelumnya. Pada tahun 2006, Final Fantasy XII mendapatkan penghargaan Game Award di Japan Game Awards 2006.

Kemudian pada tahun 2012 meluncurkan seri Final Fantasy XIII untuk konsol PS3 yang merupakan seri paling anyar dari Final Fantasy.

Kesuksesan Square Soft sampai saat ini tidak lepas dari produk seri Final Fantasy mereka yang mengundang decak kagum para gamers RPG di seluruh dunia. Berkat tampilan grafisnya yang bagus serta story linenya yang luar biasa, Final Fantasy menjelma menjadi salah game RPG yang digemari oleh para gamers.

Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Square_Enix http://www.jp.square-enix.com/company/en/history/index.html http://www.kaskus.co.id/post/000000000000000438274444 http://uchiha45.blogspot.com/2007/12/ringkasan-square-co.html