Tugas Pengantar Tek.Internet & New Media
NAMA : ARIF LUTFHANSAH
NPM : 51410078
KELAS : 2IA12
Seiring dengan perkembangan dunia internet saat ini makin banyak situs-situs penyedia layanan publik yang ditujukan oleh masyarakat umumnya.
Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan beberapa situs di internet, Situs-situs tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalm fungsinya. Oleh karena itu ada baiknya jita mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya.
Youtube
-------
Kelebihan:
1. Tempat menshare video-video buatan sendiri (Lipsing).
2. Bersifat gratis untuk mengupload dan menyaksikan video untuk masyarakat umum.
3. Youtube bisa dijadikan sarana untuk menunjukan bakat yang dimiliki agar dapet dilihat orang banyak contohnya seperti kasus lagu "Keong Racun" yang terkenal karena Youtube.
Kekurangan:
1. Kualitas video yang dapat disaksikan masih kecil, yaitu maksimal 360 pixel
2. Tidak ada batasan jenis video yang diupload oleh user dan batasan untuk para pengguna sehingga kontent dewasa bisa dengan mudah diakses oleh anak dibawah umur.
Wikipedia
---------
Kelebihan:
1. Wikipedia merupakan situs penyedia konten ilmu pengetahuan yang banyak mencakup pengetahuan dari seluruh penjuru dunia.
2. Tempat bagi para pelajar/umum untuk mencari informasi seputar pengetahuan.
3. Terdapat filtur regional, yang artinya setiap negara mempunyai turunan dari situs wikipedia dengan bahasa yang juga berasal dari negara tersebut.
Kekurangan:
1. Masih banyak kategori pengetahuan yang belum ada di Wikipedia.
2. Tampilan interface masih bersifat standar dan masih belum ada pengembangan.
Facebook
--------
Kelebihan:
1. Salah satu situs sosial network yang sedang populer saat ini dan digunakan oleh banyak orang untuk berkenalan ataupun mencari teman lama.
2. Selalu mengupdate filtur-filtur terbaru seperti adanya aplikasi games dan ramalan bintang.
3. Merupakan situs jejaring sosial yang paling populer saat ini.
4. Facebook banyak sekali terhubung dengan jejaring sosial lainnya, seperti twitter dan plurk.
Kekurangan:
1. Banyaknya kasus penipuan account atau page palsu yang bertujuan untuk menjebak user dengan berbagai motif.
2. Banyaknya kasus pengrusakan atau pencurian account facebook dengan tujuan mengambil data pribadi dari korban.
3. Banyak terjadi kasus penculikan yang diawali dari perkenalan dalam facebook.
Game Online
-----------
Kelebihan:
1. Merupakan sarana untuk menghibur diri sejenak dalam kepenatan sehari-hari.
2. Merupakan sarana sosial baru seperti facebook, karena pada game online kita akan diajak berinteraksi denagn orang lain.
Kekurangan:
1. Memainkan game online terlalu sering akan membuat ketagihan dan membuat lupa diri terhadap lingkungan sekitar.
2. Dapat mempengaruhi pola tingkah laku anak kecil seperti membuatnya jadi malas belajar.
Blog
----
Kelebihan:
1. Merupakan sarana untuk mempublikasikan tulisan yang kita buat supaya lebih dikenal orang.
2. Saat ini sudah banyak blog yang berfungsi sebagai penyedia informasi seperti layaknya Wikipedia.
3. Blog dapat berfungsi sebagai buku diary yang digunakan untuk mengshare pangalaman pribadi kita kepada orang lain.
Kekurangan:
1. Tidak adanya pengaturan yang ketat sehingga banyak terjagi tindakan plugarisme/penjiplakan terhadap postingan di suatu blog.
2. Masih banyak terjadinya hang ketika saat user ingin mengepostkan tulisan.
Rabu, 26 Oktober 2011
Rabu, 05 Oktober 2011
NEW MEDIA
Nama : Arif Lutfhansah
Kelas : 2IA12
NPM :51410078
Tugas :Peng. Tek. Internet & New Media
New media adalah suatu istilah dalam dunia komputer khususnya tentang perkembangan teknologi komputer digital. Pengertian new media sendiri lebih condong berkaitan dengan aplikasi-aplikasi baru dalam dunia komputer untuk mempercepat dan memenuhi kebutuhan manusia yang selalu neningkat setiap waktunya.
Pandangan mengenai New Media adalah merupakan hasil dari kemajuan pola berfikir manusia untuk menciptakan sesuatu yang lebih instan dan lebih mudah diakses oleh orang masyarakat. Oleh karena itu terciptalah berbagai fasilitas ataupun software komputer yang selalu update dan berkembang dengan cepat seiring dengan perkembangan zaman.
New media sangat sering digunakan dalam kehidupan masyarakat, ini tak lepas dari perkembangan zaman yang terus canggih setiap waktunya. Berikut ini adalah contoh-contoh kegunaan New Media dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:
-New media sebagai sarana sosial, artinya New Media digunakan untuk bersosialisasi dengan teman ataupun kerabat, contohnya paling nyata saat ini adalah situs jejaring pertemanan sosial seperti facebook atau twitter yang sedang booming saat ini.
-New media sebagai sarana hiburan, artinya new media bisa saja menjadi penghibur bagi para penggunanya, salah satu contohnya adalah game online yang banyak dimainkan oleh para remaja saat ini.
-New media sebagai alternatif, artinya New Media sebagai pengganti media surat kabar dalam penyampaian informasi secara cepat, bahkan new media tidak hanya sebagai sarana memberi informasi yang statis tapi new media juga menyuguhkan sarana untuk mencari informasi yang kita inginkan. Contohnya disini adalah situs pencari informasi seperti google dan yahoo, dan juga situs-situs yang menayangkan berita yang selalu uptodate seperti situs detik.com.
Komponen dalam new media terdiri dari tiga buah, yaitu:
-Produsen -> Yaitu sebagai pembuat new media itu sendiri. Produsen disini membuat New Media berdasarkan kebutuhan yang sedang berkembang dalam masyarakat saat ini.
-Distributor -> Yaitu sebagai penyalur New Media dari pihak produsen ke pihak konsumen.
-Konsumen -> Yaitu sebagai pemakai New Media yang telah jadi dan siap untuk berguna bagi masyarakat. Konsumen inilah yang akan menilai apakah New Media tersebut akan cocok dengan kebutuhan saat ini atau tidak.
Aplikasi yang termasuk kedalam New Media sangatlah banyak diantaranya adalah Internet, game PC, Facebook, Twitter, dll.
Referensi : www.id.wikipedia.org/
Kelas : 2IA12
NPM :51410078
Tugas :Peng. Tek. Internet & New Media
New media adalah suatu istilah dalam dunia komputer khususnya tentang perkembangan teknologi komputer digital. Pengertian new media sendiri lebih condong berkaitan dengan aplikasi-aplikasi baru dalam dunia komputer untuk mempercepat dan memenuhi kebutuhan manusia yang selalu neningkat setiap waktunya.
Pandangan mengenai New Media adalah merupakan hasil dari kemajuan pola berfikir manusia untuk menciptakan sesuatu yang lebih instan dan lebih mudah diakses oleh orang masyarakat. Oleh karena itu terciptalah berbagai fasilitas ataupun software komputer yang selalu update dan berkembang dengan cepat seiring dengan perkembangan zaman.
New media sangat sering digunakan dalam kehidupan masyarakat, ini tak lepas dari perkembangan zaman yang terus canggih setiap waktunya. Berikut ini adalah contoh-contoh kegunaan New Media dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:
-New media sebagai sarana sosial, artinya New Media digunakan untuk bersosialisasi dengan teman ataupun kerabat, contohnya paling nyata saat ini adalah situs jejaring pertemanan sosial seperti facebook atau twitter yang sedang booming saat ini.
-New media sebagai sarana hiburan, artinya new media bisa saja menjadi penghibur bagi para penggunanya, salah satu contohnya adalah game online yang banyak dimainkan oleh para remaja saat ini.
-New media sebagai alternatif, artinya New Media sebagai pengganti media surat kabar dalam penyampaian informasi secara cepat, bahkan new media tidak hanya sebagai sarana memberi informasi yang statis tapi new media juga menyuguhkan sarana untuk mencari informasi yang kita inginkan. Contohnya disini adalah situs pencari informasi seperti google dan yahoo, dan juga situs-situs yang menayangkan berita yang selalu uptodate seperti situs detik.com.
Komponen dalam new media terdiri dari tiga buah, yaitu:
-Produsen -> Yaitu sebagai pembuat new media itu sendiri. Produsen disini membuat New Media berdasarkan kebutuhan yang sedang berkembang dalam masyarakat saat ini.
-Distributor -> Yaitu sebagai penyalur New Media dari pihak produsen ke pihak konsumen.
-Konsumen -> Yaitu sebagai pemakai New Media yang telah jadi dan siap untuk berguna bagi masyarakat. Konsumen inilah yang akan menilai apakah New Media tersebut akan cocok dengan kebutuhan saat ini atau tidak.
Aplikasi yang termasuk kedalam New Media sangatlah banyak diantaranya adalah Internet, game PC, Facebook, Twitter, dll.
Referensi : www.id.wikipedia.org/

Rabu, 18 Mei 2011
Subsidi BBM
Pemerintah kini sedang terjerat politik anggarannya sendiri. Karena mengedepankan popularitas dan pencitraan ketimbang nasionalitas ekonomi. Pemerintah juga akan tercekik anggaran subsidi bahan bakar minyak(BBM) yang bakal terus melonjak.
Pemantik lonjakan subsidi itu adalah harga minyak dunia yang bertahan tinggi di kisaran US$100/barel. Sejak awal Mei lalu harga pertamax mencapai Rp9.050/liter atau dua kali lipat daripada harga premium yang Rp4.500. Hal ini menyebabkan mereka yang selama ini mengkonsumsi BBM nonsubsidi beralih ke BBM subsidi, hal itulah yang membuat anggaran pemerintah semakin berat.
Akan tetapi, pemerintah bergeming, Pemerintah mengunci berbagai opsi penghematan BBM yang pernah dibuat, termasuk juga menaikan harga BBM.
Pemerintah bertindak seolah bukan soal, berapa pun biaya yang dikeluarkan untuk menyubsidi BBM. Subsidi dianggap sebagai satu-satunya cara untuk membantu perekonomian rakyat. Padahal anggaran subsidi itu praktis habis terbakar di jalan raya, terutama oleh kendaraan pribadi.
Akan lebih bermanfaat bagi perekonomian apabila subsidi BBM itu dikurangi dan anggarannya dialihkan untuk pembangunan infrastruktur dan transportasi massal. Transportasi massal yang bersih, lancar, dan aman akan mendorong masyarakat mau meniggalkan kendaraan pribadi mereka dan beralih ke kendaraan umum sebagai transportasi primer.
Jadi, sangat perlu dan penting untuk mulai mengedukasi masyarakat soal keterbatasan energi sehingga rakyat mau berhemat. Di lain pihak, pemerintah harus konsisten mengembangkan energi alternatif terbarukan secara konsisten serta menjamin ketersediaannya dari hulu hingga hilir.
Era minyak murah sudah berakhir. Ini kenyataan pahit yang harus dihadapi. Jadi, pemerintah jangan bunuh diri dengan politik anggaran yang mengedepankan citra.
Sumber: Koran Harian Media Indonesia
Pemantik lonjakan subsidi itu adalah harga minyak dunia yang bertahan tinggi di kisaran US$100/barel. Sejak awal Mei lalu harga pertamax mencapai Rp9.050/liter atau dua kali lipat daripada harga premium yang Rp4.500. Hal ini menyebabkan mereka yang selama ini mengkonsumsi BBM nonsubsidi beralih ke BBM subsidi, hal itulah yang membuat anggaran pemerintah semakin berat.
Akan tetapi, pemerintah bergeming, Pemerintah mengunci berbagai opsi penghematan BBM yang pernah dibuat, termasuk juga menaikan harga BBM.
Pemerintah bertindak seolah bukan soal, berapa pun biaya yang dikeluarkan untuk menyubsidi BBM. Subsidi dianggap sebagai satu-satunya cara untuk membantu perekonomian rakyat. Padahal anggaran subsidi itu praktis habis terbakar di jalan raya, terutama oleh kendaraan pribadi.
Akan lebih bermanfaat bagi perekonomian apabila subsidi BBM itu dikurangi dan anggarannya dialihkan untuk pembangunan infrastruktur dan transportasi massal. Transportasi massal yang bersih, lancar, dan aman akan mendorong masyarakat mau meniggalkan kendaraan pribadi mereka dan beralih ke kendaraan umum sebagai transportasi primer.
Jadi, sangat perlu dan penting untuk mulai mengedukasi masyarakat soal keterbatasan energi sehingga rakyat mau berhemat. Di lain pihak, pemerintah harus konsisten mengembangkan energi alternatif terbarukan secara konsisten serta menjamin ketersediaannya dari hulu hingga hilir.
Era minyak murah sudah berakhir. Ini kenyataan pahit yang harus dihadapi. Jadi, pemerintah jangan bunuh diri dengan politik anggaran yang mengedepankan citra.
Sumber: Koran Harian Media Indonesia

Sabtu, 08 Januari 2011
Random Akses Memori
Random-access memory (RAM) adalah bentuk penyimpanan data komputer . Hari ini, mengambil bentuk sirkuit terpadu yang memungkinkan disimpan data dapat diakses dalam urutan apapun (yaitu, di acak ). "Random" mengacu pada gagasan bahwa setiap bagian dari data dapat dikembalikan dalam waktu yang konstan , terlepas dari lokasi fisik dan apakah itu terkait dengan bagian sebelumnya data. [1]
Kata "RAM" sering dikaitkan dengan volatile jenis memori (seperti DRAM modul memori ), dimana informasi yang hilang setelah daya dimatikan. Banyak jenis memori RAM juga, termasuk sebagian besar jenis ROM dan jenis flash memory yang disebut NOR-Flash .
Tipe awal akses memori dapat ditulis acak-luas adalah memori inti magnetik , yang dikembangkan 1949-1952, dan kemudian digunakan pada kebanyakan komputer sampai perkembangan dan dinamis sirkuit terpadu RAM statis di akhir 1960-an dan awal 1970-an. Sebelum ini, komputer digunakan relay , delay line / memori delay, atau berbagai jenis tabung vakum pengaturan untuk melaksanakan "fungsi memori utama" (yaitu, ratusan atau ribuan bit), beberapa di antaranya akses acak, beberapa tidak. memori Drum bisa diperluas dengan biaya rendah tetapi pengambilan barang memori non-sekuensial diperlukan pengetahuan tentang tata letak fisik dari drum untuk mengoptimalkan kecepatan. Kait dibangun dari triodes tabung vakum, dan kemudian, dari diskrit transistor , digunakan untuk kenangan yang lebih kecil dan lebih cepat seperti akses mendaftar bank-acak dan register. Sebelum pembangunan sirkuit terpadu ROM, permanen (atau read-only) random-access memory sering dibangun menggunakan diode semikonduktor matriks didorong oleh decoder alamat , atau khusus luka memori inti pesawat.
Jenis RAM
modern jenis RAM dapat ditulis umumnya menyimpan bit data baik dalam keadaan sebuah flip-flop , seperti di SRAM (static RAM), atau sebagai muatan dalam kapasitor(atau transistor gerbang), seperti dalam DRAM (dynamic RAM), EPROM , EEPROM dan Flash . Beberapa jenis memiliki sirkuit untuk mendeteksi dan / atau kesalahan acak yang benar disebut kesalahan memori dalam data disimpan, menggunakan bit paritas atau koreksi kode kesalahan . RAM hanya dari tipe membaca, ROM , bukan menggunakan masker logam secara permanen mengaktifkan / menonaktifkan transistor dipilih, bukan menyimpan muatan di dalamnya. Pertimbangan khusus dan modul memori SIMM DIMM.
SRAM dan DRAM adalah volatile. Bentuk lain dari penyimpanan komputer, seperti disk dan tape magnetik , telah digunakan sebagai penyimpanan persisten . Banyak produk yang lebih baru, bukan mengandalkan memori flash untuk menjaga data ketika tidak digunakan, seperti PDA atau pemain musik kecil. Beberapa komputer pribadi , seperti banyak komputer kasar dan netbook , juga diganti disk magnetik dengan flash drive . Dengan memori flash, hanya jenis NOR mampu random access benar, sehingga eksekusi kode secara langsung, dan karena itu sering digunakan sebagai pengganti ROM; biaya yang lebih rendah NAND jenis ini biasanya digunakan untuk penyimpanan massal dalam kartu memori dan solid-state drive .
Sebuah chip memori adalah sirkuit terpadu (IC) yang terbuat dari jutaan transistor dan kapasitor. Dalam bentuk yang paling umum dari memori komputer, dinamis random access memory (DRAM), transistor dan kapasitor yang dipasangkan untuk membuat sel memori, yang mewakili satu bit data. Kapasitor memegang sedikit informasi - sebuah 0 atau 1. Transistor bertindak sebagai switch yang memungkinkan sirkuit kontrol pada chip memori membaca kapasitor atau mengubah negaranya.
hirarki memori
Banyak komputer memiliki hirarki memori yang terdiri dari register CPU , on-die SRAM cache, eksternal cache , DRAM , paging sistem, dan memori virtual atau ruang swappada hard drive. Kolam ini seluruh memori mungkin disebut sebagai "RAM" oleh banyak pengembang, meskipun berbagai subsistem dapat memiliki sangat berbeda waktu akses , melanggar konsep asli di balik istilah akses acak dalam RAM. Bahkan dalam tingkat hirarki seperti DRAM, baris spesifik, kolom, bank, peringkat , saluran, atauinterleave organisasi komponen membuat variabel waktu akses, meskipun tidak sejauh yang berputar media penyimpanan atau tape adalah variabel. Tujuan keseluruhan dari menggunakan hirarki memori adalah untuk mendapatkan akses yang lebih tinggi mungkin kinerja rata-rata sambil meminimalkan total biaya sistem keseluruhan memori (umumnya, hirarki memori mengikuti waktu akses dengan register CPU yang cepat di bagian atas dan hard drive lambat di bagian bawah).
Dalam banyak komputer pribadi modern, RAM datang dalam bentuk yang mudah upgrade modul-modul yang disebut modul memori atau modul DRAM tentang ukuran beberapa batang permen karet. Cepat ini dapat diganti harus mereka menjadi rusak atau saat perubahan kebutuhan permintaan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Seperti yang diusulkan di atas, jumlah yang lebih kecil dari RAM (kebanyakan SRAM) juga terintegrasi dalam CPU dan IC pada motherboard , serta hard-drive, CD-ROM , dan beberapa bagian lain dari sistem komputer.
Swapping
Jika komputer menjadi rendah pada RAM selama siklus penerapannya secara intensif, banyak arsitektur CPU dan sistem operasi dapat melakukan suatu operasi yang dikenal sebagai " swapping ". Menggunakan swapping paging file, suatu daerah pada hard drive untuk sementara digunakan sebagai memori kerja tambahan. penggunaan berlebihan mekanisme ini disebutmeronta-ronta dan umumnya tidak diinginkan karena menurunkan kinerja sistem secara keseluruhan, terutama karena hard drive jauh lebih lambat dari RAM. Namun, jika program mencoba untuk mengalokasikan memori dan gagal, mungkin kecelakaan.
Penggunaan lain dari "RAM" istilah
perangkat fisik lainnya dengan kemampuan baca-tulis dapat memiliki "RAM" di nama mereka: misalnya, DVD-RAM . "Random access" juga merupakan nama dari sebuah metode pengindeksan: maka, penyimpanan disk sering disebut "akses acak" ( Wiki: PowerOfPlainText , Fortran fitur bahasa , MBASIC , Java Platform, Standard Edition , file indeks ) karena kepala membaca bisa bergerak relatif cepat dari satu bagian data yang lain, dan tidak perlu membaca semua data di antaranya. Namun final "M" adalah penting: "RAM" (asalkan tidak ada istilah tambahan seperti dalam "DVD-RAM") selalu merujuk ke perangkat yang solid-state.
Seringkali, RAM adalah istilah mengacu pada memori utama komputer bekerja.
RAM disk
Software dapat "partisi" sebagian dari RAM komputer, yang memungkinkan untuk bertindak sebagai hard drive yang lebih cepat banyak yang disebut RAM disk . Sebuah disk RAM kehilangan data yang tersimpan ketika komputer dimatikan, kecuali memori diatur untuk memiliki sumber siaga baterai.
Shadow RAM
Kadang-kadang, isi chip ROM yang relatif lambat akan disalin untuk membaca / menulis memory untuk memungkinkan waktu akses lebih singkat. Chip ROM kemudian dinonaktifkan sementara lokasi memori diinisialisasi yang diaktifkan di di blok alamat yang sama (sering menulis-dilindungi). Proses ini, kadang-kadang disebut membayangi, cukup umum di kedua komputer dan embedded system .
Sebagai contoh umum, BIOS di komputer pribadi khas sering memiliki opsi yang disebut "bayangan menggunakan BIOS" atau mirip. Bila diaktifkan, fungsi mengandalkan data dari BIOS ROM bukannya akan menggunakan lokasi DRAM (paling juga dapat beralih membayangi ROM kartu video atau bagian ROM lainnya). Tergantung pada sistem, hal ini tidak mengakibatkan performa yang meningkat, dan dapat menyebabkan tidak kompatibel. Sebagai contoh, beberapa perangkat keras mungkin tidak dapat diakses oleh sistem operasi jika RAM bayangan digunakan. Pada beberapa sistem manfaat mungkin hipotetis karena BIOS tidak digunakan setelah booting dalam mendukung akses hardware langsung. Membebaskan memori dikurangi dengan ukuran ROM gelap.
Perkembangan terkini
Beberapa jenis baru RAM non-volatile , yang akan menjaga data sementara powered bawah, sedang dalam pengembangan. Teknologi yang digunakan termasuk nanotube karbon dan pendekatan memanfaatkanefek terowongan magnet . Di antara generasi MRAM 1, 128 KiB (128 × 2 10 bytes) RAM magnetik (MRAM) chip diproduksi dengan teknologi 0,18 pM pada musim panas 2003. Pada bulan Juni 2004, Infineon Technologies unveiled 16 MiB (16 × 2 20 byte) prototipe lagi berdasarkan teknologi 0,18 pM. Ada 2 generasi teknik dua saat ini dalam pembangunan: Thermal Assisted Switching (TAS) yang sedang dikembangkan oleh Crocus Teknologi , dan Spin Torque Transfer (STT) yang Crocus , Hynix , IBM dan beberapa perusahaan lain yang bekerja., Nantero membangun prototipe yang berfungsi karbon nanotube memori 10 GiB (10 × 2 30 bytes) array pada tahun 2004. Apakah sebagian dari teknologi ini akan dapat akhirnya mengambil pangsa pasar yang signifikan baik dari DRAM, SRAM, atau teknologi flash-memory, bagaimanapun, masih harus dilihat.
Sejak tahun 2006, " Solid-state drive "(berdasarkan memori flash) dengan kapasitas melebihi 64 gigabyte dan kinerja yang jauh melebihi disk tradisional telah tersedia. Perkembangan ini telah mulai untuk mengaburkan definisi tradisional antara memori akses acak dan "disk", secara dramatis mengurangi perbedaan dalam kinerja.
Beberapa jenis-akses memori acak, seperti "EcoRAM", secara khusus dirancang untuk peternakan server , di mana konsumsi daya yang rendah adalah lebih penting daripada kecepatan.
Memori dinding
"Tembok memori" adalah kelainan tumbuh kecepatan antara CPU dan memori di luar chip CPU. Alasan penting untuk perbedaan ini adalah bandwidth komunikasi yang terbatas di luar batas chip. Dari tahun 1986 sampai 2000, CPU peningkatan kecepatan pada tingkat tahunan sebesar 55%, sementara kecepatan memori hanya meningkat sebesar 10%. Melihat tren ini, diharapkan bahwa latency memori akan menjadi besarbottleneck dalam kinerja komputer.
Saat ini, peningkatan kecepatan CPU telah melambat secara signifikan sebagian karena hambatan fisik yang besar dan sebagian lagi karena desain CPU saat ini sudah menabrak dinding memori dalam arti tertentu. Intel diringkas penyebab dalam mereka dokumentasi Platform 2015 (PDF)
"Pertama-tama, sebagai chip geometri menyusut dan jam frekuensi naik, transistor kebocoran arus meningkat, menyebabkan kelebihan konsumsi daya dan panas ... Kedua, keuntungan dari kecepatan clock yang lebih tinggi di bagian dinegasikan oleh latency memori, karena memori waktu akses belum mampu mengimbangi dengan peningkatan frekuensi clock. Ketiga, untuk aplikasi tertentu, serial arsitektur tradisional menjadi kurang efisien karena prosesor bisa lebih cepat (karena apa yang disebut Von Neumann bottleneck ), lebih lanjut undercutting laba yang meningkatkan frekuensi dinyatakan mungkin membeli. Selain itu, sebagian karena keterbatasan sarana produksi induktansi dalam perangkat solid state, resistansi-kapasitansi (RC) keterlambatan transmisi sinyal tumbuh sebagai ukuran fitur shrink, penetapan bottleneck tambahan yang meningkatkan frekuensi tidak alamat. "
RC penundaan dalam transmisi sinyal juga dicatat dalam Jam Tingkat versus IPC: The End of the Road untuk Microarchitectures konvensional yang proyek maksimum tahunan CPU peningkatan kinerja rata-rata 12,5% antara tahun 2000 dan 2014. Data Prosesor Intel jelas menunjukkan perlambatan peningkatan kinerja dalam prosesor baru-baru ini. Namun, baru prosesor Intel, Core 2 Duo (nama kode Conroe) menunjukkan peningkatan yang signifikan atas sebelumnya Pentium 4 prosesor, karena arsitektur yang lebih efisien, kinerja meningkat sementara laju jam malah menurun.
Sumber : http://en.wikipedia.org
Kata "RAM" sering dikaitkan dengan volatile jenis memori (seperti DRAM modul memori ), dimana informasi yang hilang setelah daya dimatikan. Banyak jenis memori RAM juga, termasuk sebagian besar jenis ROM dan jenis flash memory yang disebut NOR-Flash .
Tipe awal akses memori dapat ditulis acak-luas adalah memori inti magnetik , yang dikembangkan 1949-1952, dan kemudian digunakan pada kebanyakan komputer sampai perkembangan dan dinamis sirkuit terpadu RAM statis di akhir 1960-an dan awal 1970-an. Sebelum ini, komputer digunakan relay , delay line / memori delay, atau berbagai jenis tabung vakum pengaturan untuk melaksanakan "fungsi memori utama" (yaitu, ratusan atau ribuan bit), beberapa di antaranya akses acak, beberapa tidak. memori Drum bisa diperluas dengan biaya rendah tetapi pengambilan barang memori non-sekuensial diperlukan pengetahuan tentang tata letak fisik dari drum untuk mengoptimalkan kecepatan. Kait dibangun dari triodes tabung vakum, dan kemudian, dari diskrit transistor , digunakan untuk kenangan yang lebih kecil dan lebih cepat seperti akses mendaftar bank-acak dan register. Sebelum pembangunan sirkuit terpadu ROM, permanen (atau read-only) random-access memory sering dibangun menggunakan diode semikonduktor matriks didorong oleh decoder alamat , atau khusus luka memori inti pesawat.
Jenis RAM
modern jenis RAM dapat ditulis umumnya menyimpan bit data baik dalam keadaan sebuah flip-flop , seperti di SRAM (static RAM), atau sebagai muatan dalam kapasitor(atau transistor gerbang), seperti dalam DRAM (dynamic RAM), EPROM , EEPROM dan Flash . Beberapa jenis memiliki sirkuit untuk mendeteksi dan / atau kesalahan acak yang benar disebut kesalahan memori dalam data disimpan, menggunakan bit paritas atau koreksi kode kesalahan . RAM hanya dari tipe membaca, ROM , bukan menggunakan masker logam secara permanen mengaktifkan / menonaktifkan transistor dipilih, bukan menyimpan muatan di dalamnya. Pertimbangan khusus dan modul memori SIMM DIMM.
SRAM dan DRAM adalah volatile. Bentuk lain dari penyimpanan komputer, seperti disk dan tape magnetik , telah digunakan sebagai penyimpanan persisten . Banyak produk yang lebih baru, bukan mengandalkan memori flash untuk menjaga data ketika tidak digunakan, seperti PDA atau pemain musik kecil. Beberapa komputer pribadi , seperti banyak komputer kasar dan netbook , juga diganti disk magnetik dengan flash drive . Dengan memori flash, hanya jenis NOR mampu random access benar, sehingga eksekusi kode secara langsung, dan karena itu sering digunakan sebagai pengganti ROM; biaya yang lebih rendah NAND jenis ini biasanya digunakan untuk penyimpanan massal dalam kartu memori dan solid-state drive .
Sebuah chip memori adalah sirkuit terpadu (IC) yang terbuat dari jutaan transistor dan kapasitor. Dalam bentuk yang paling umum dari memori komputer, dinamis random access memory (DRAM), transistor dan kapasitor yang dipasangkan untuk membuat sel memori, yang mewakili satu bit data. Kapasitor memegang sedikit informasi - sebuah 0 atau 1. Transistor bertindak sebagai switch yang memungkinkan sirkuit kontrol pada chip memori membaca kapasitor atau mengubah negaranya.
hirarki memori
Banyak komputer memiliki hirarki memori yang terdiri dari register CPU , on-die SRAM cache, eksternal cache , DRAM , paging sistem, dan memori virtual atau ruang swappada hard drive. Kolam ini seluruh memori mungkin disebut sebagai "RAM" oleh banyak pengembang, meskipun berbagai subsistem dapat memiliki sangat berbeda waktu akses , melanggar konsep asli di balik istilah akses acak dalam RAM. Bahkan dalam tingkat hirarki seperti DRAM, baris spesifik, kolom, bank, peringkat , saluran, atauinterleave organisasi komponen membuat variabel waktu akses, meskipun tidak sejauh yang berputar media penyimpanan atau tape adalah variabel. Tujuan keseluruhan dari menggunakan hirarki memori adalah untuk mendapatkan akses yang lebih tinggi mungkin kinerja rata-rata sambil meminimalkan total biaya sistem keseluruhan memori (umumnya, hirarki memori mengikuti waktu akses dengan register CPU yang cepat di bagian atas dan hard drive lambat di bagian bawah).
Dalam banyak komputer pribadi modern, RAM datang dalam bentuk yang mudah upgrade modul-modul yang disebut modul memori atau modul DRAM tentang ukuran beberapa batang permen karet. Cepat ini dapat diganti harus mereka menjadi rusak atau saat perubahan kebutuhan permintaan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Seperti yang diusulkan di atas, jumlah yang lebih kecil dari RAM (kebanyakan SRAM) juga terintegrasi dalam CPU dan IC pada motherboard , serta hard-drive, CD-ROM , dan beberapa bagian lain dari sistem komputer.
Swapping
Jika komputer menjadi rendah pada RAM selama siklus penerapannya secara intensif, banyak arsitektur CPU dan sistem operasi dapat melakukan suatu operasi yang dikenal sebagai " swapping ". Menggunakan swapping paging file, suatu daerah pada hard drive untuk sementara digunakan sebagai memori kerja tambahan. penggunaan berlebihan mekanisme ini disebutmeronta-ronta dan umumnya tidak diinginkan karena menurunkan kinerja sistem secara keseluruhan, terutama karena hard drive jauh lebih lambat dari RAM. Namun, jika program mencoba untuk mengalokasikan memori dan gagal, mungkin kecelakaan.
Penggunaan lain dari "RAM" istilah
perangkat fisik lainnya dengan kemampuan baca-tulis dapat memiliki "RAM" di nama mereka: misalnya, DVD-RAM . "Random access" juga merupakan nama dari sebuah metode pengindeksan: maka, penyimpanan disk sering disebut "akses acak" ( Wiki: PowerOfPlainText , Fortran fitur bahasa , MBASIC , Java Platform, Standard Edition , file indeks ) karena kepala membaca bisa bergerak relatif cepat dari satu bagian data yang lain, dan tidak perlu membaca semua data di antaranya. Namun final "M" adalah penting: "RAM" (asalkan tidak ada istilah tambahan seperti dalam "DVD-RAM") selalu merujuk ke perangkat yang solid-state.
Seringkali, RAM adalah istilah mengacu pada memori utama komputer bekerja.
RAM disk
Software dapat "partisi" sebagian dari RAM komputer, yang memungkinkan untuk bertindak sebagai hard drive yang lebih cepat banyak yang disebut RAM disk . Sebuah disk RAM kehilangan data yang tersimpan ketika komputer dimatikan, kecuali memori diatur untuk memiliki sumber siaga baterai.
Shadow RAM
Kadang-kadang, isi chip ROM yang relatif lambat akan disalin untuk membaca / menulis memory untuk memungkinkan waktu akses lebih singkat. Chip ROM kemudian dinonaktifkan sementara lokasi memori diinisialisasi yang diaktifkan di di blok alamat yang sama (sering menulis-dilindungi). Proses ini, kadang-kadang disebut membayangi, cukup umum di kedua komputer dan embedded system .
Sebagai contoh umum, BIOS di komputer pribadi khas sering memiliki opsi yang disebut "bayangan menggunakan BIOS" atau mirip. Bila diaktifkan, fungsi mengandalkan data dari BIOS ROM bukannya akan menggunakan lokasi DRAM (paling juga dapat beralih membayangi ROM kartu video atau bagian ROM lainnya). Tergantung pada sistem, hal ini tidak mengakibatkan performa yang meningkat, dan dapat menyebabkan tidak kompatibel. Sebagai contoh, beberapa perangkat keras mungkin tidak dapat diakses oleh sistem operasi jika RAM bayangan digunakan. Pada beberapa sistem manfaat mungkin hipotetis karena BIOS tidak digunakan setelah booting dalam mendukung akses hardware langsung. Membebaskan memori dikurangi dengan ukuran ROM gelap.
Perkembangan terkini
Beberapa jenis baru RAM non-volatile , yang akan menjaga data sementara powered bawah, sedang dalam pengembangan. Teknologi yang digunakan termasuk nanotube karbon dan pendekatan memanfaatkanefek terowongan magnet . Di antara generasi MRAM 1, 128 KiB (128 × 2 10 bytes) RAM magnetik (MRAM) chip diproduksi dengan teknologi 0,18 pM pada musim panas 2003. Pada bulan Juni 2004, Infineon Technologies unveiled 16 MiB (16 × 2 20 byte) prototipe lagi berdasarkan teknologi 0,18 pM. Ada 2 generasi teknik dua saat ini dalam pembangunan: Thermal Assisted Switching (TAS) yang sedang dikembangkan oleh Crocus Teknologi , dan Spin Torque Transfer (STT) yang Crocus , Hynix , IBM dan beberapa perusahaan lain yang bekerja., Nantero membangun prototipe yang berfungsi karbon nanotube memori 10 GiB (10 × 2 30 bytes) array pada tahun 2004. Apakah sebagian dari teknologi ini akan dapat akhirnya mengambil pangsa pasar yang signifikan baik dari DRAM, SRAM, atau teknologi flash-memory, bagaimanapun, masih harus dilihat.
Sejak tahun 2006, " Solid-state drive "(berdasarkan memori flash) dengan kapasitas melebihi 64 gigabyte dan kinerja yang jauh melebihi disk tradisional telah tersedia. Perkembangan ini telah mulai untuk mengaburkan definisi tradisional antara memori akses acak dan "disk", secara dramatis mengurangi perbedaan dalam kinerja.
Beberapa jenis-akses memori acak, seperti "EcoRAM", secara khusus dirancang untuk peternakan server , di mana konsumsi daya yang rendah adalah lebih penting daripada kecepatan.
Memori dinding
"Tembok memori" adalah kelainan tumbuh kecepatan antara CPU dan memori di luar chip CPU. Alasan penting untuk perbedaan ini adalah bandwidth komunikasi yang terbatas di luar batas chip. Dari tahun 1986 sampai 2000, CPU peningkatan kecepatan pada tingkat tahunan sebesar 55%, sementara kecepatan memori hanya meningkat sebesar 10%. Melihat tren ini, diharapkan bahwa latency memori akan menjadi besarbottleneck dalam kinerja komputer.
Saat ini, peningkatan kecepatan CPU telah melambat secara signifikan sebagian karena hambatan fisik yang besar dan sebagian lagi karena desain CPU saat ini sudah menabrak dinding memori dalam arti tertentu. Intel diringkas penyebab dalam mereka dokumentasi Platform 2015 (PDF)
"Pertama-tama, sebagai chip geometri menyusut dan jam frekuensi naik, transistor kebocoran arus meningkat, menyebabkan kelebihan konsumsi daya dan panas ... Kedua, keuntungan dari kecepatan clock yang lebih tinggi di bagian dinegasikan oleh latency memori, karena memori waktu akses belum mampu mengimbangi dengan peningkatan frekuensi clock. Ketiga, untuk aplikasi tertentu, serial arsitektur tradisional menjadi kurang efisien karena prosesor bisa lebih cepat (karena apa yang disebut Von Neumann bottleneck ), lebih lanjut undercutting laba yang meningkatkan frekuensi dinyatakan mungkin membeli. Selain itu, sebagian karena keterbatasan sarana produksi induktansi dalam perangkat solid state, resistansi-kapasitansi (RC) keterlambatan transmisi sinyal tumbuh sebagai ukuran fitur shrink, penetapan bottleneck tambahan yang meningkatkan frekuensi tidak alamat. "
RC penundaan dalam transmisi sinyal juga dicatat dalam Jam Tingkat versus IPC: The End of the Road untuk Microarchitectures konvensional yang proyek maksimum tahunan CPU peningkatan kinerja rata-rata 12,5% antara tahun 2000 dan 2014. Data Prosesor Intel jelas menunjukkan perlambatan peningkatan kinerja dalam prosesor baru-baru ini. Namun, baru prosesor Intel, Core 2 Duo (nama kode Conroe) menunjukkan peningkatan yang signifikan atas sebelumnya Pentium 4 prosesor, karena arsitektur yang lebih efisien, kinerja meningkat sementara laju jam malah menurun.
Sumber : http://en.wikipedia.org

Sabtu, 25 Desember 2010
Pemuda dan Sosialisasi
Pemuda adalah generasi penerus dari generasi terdahulu. Anggapan itu merupakan beban moral yang ditanggung bagi pemuda untuk memenuhi tanggung jawab yang diberikan generasi tua. Selain memikul beban tersebut pemuda juga dihadapkan pada persoalan-persoalan seperti kenakalan remaja, ketidakpatuhan pada orang tua/guru, kecanduan narkotika, frustasi, masa depan suram, keterbatasan lapangan kerja dan masalah lainnya. Seringkali pemuda dibenturkan dengan “nilai” yang telah ada jika mereka berkelakuan di luar nilai tersebut.
Munculnya jurang pemisah antara generasi muda dan generasi tua merupakan akibat dari benturan dua kebudayaan yaitu tradisional dan modern. Dimana budaya tradisional itu dianut oleh generasi tua yang terdahulu dan budaya modern dikembangkan oleh generasi muda yang telah tercium arus globalisasi dengan tujuan untuk mengadakan perubahan-perubahan yang lebih baik dari generasi orang tua. Perkembangan dengan tidak adanya kematangan/kedewasaan mental dan arah yang baik dapat menimbulkan masalah.
Orang tua mempunyai kebiasaan dalam mendidik anak yaitu dengan menurunkan nilai-nilai budaya dan penerusan kebiasaan mereka. Dewasa ini pemuda seringkali mengambil langkah sendiri dalam menjalani hidupnya tanpa menghiraukan pendidikan yang diberikan orang tuanya. Hal ini dikarenakan adanya anggapan dari pemuda bahwa apa yang diberikan oleh orang tua adalah suatu hal yang kuno. Adanya perbedaan situasi kehidupan dan banyaknya perubahan-perubahan yang terjadi memposisikan pendidikan yang diberikan orang tua sudah ketinggalan jaman, dan mreka merasa lebih mengerti dan tahu bagaimana menjalani hidupnya sendiri.
Permasalahan ini adalah pemasalahan generasi yang merupakan suatu masalah masyarakat yang di kenal sejak dulu kala. Yang dipermasalahkan adalah nilai-nilai masyarakat. Bagaimana serasi atau kurang serasi hubungan ini akan tampak dalam saat-saat kritis. Dapat dikatakan bahwa masalah antar generasi merupakan suatu masalah modern. Adapun inti pokok adalah bahwa dalam masyarakat sistem tertutup/tradisional, pembinaan dan proses pendewasaan terjadi secara berlanjut dan diawasi oleh kontrol sosial masyarakat.
Secara klasik masa muda merupakan masa yang paling menyenangkan. Selama ini pemuda merupakan obyek dan bukan subjek bagi pembangunan, membuat mereka hanya sebagai penonton dan penikmat hasil dari pembangunan. Hal ini terjadi karena ketidak percayaangenerasi tua terhadap generasi muda, takut akan terjadi kegagalan dan sikap mengecilkan bukan suatu sikap yang membangun generasi muda menuju ke arah yang lebih baik karena hal itu dapat mengganggu perkembangan mental pemuda. Tidak adanya kesempatan untuk melakukan pembangunan menumbuhkan suatu perasaan yang membosankan dari diri pemuda, sehingga mereka cenderung melakukan perbuatan yang semena-mena.
Sikap meniru perilaku dari orang lain merupakan proses belajar. Maka lingkungan juga memiliki peran yang cukup besar dalam pertumbuhan setiap orang. Lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah dan lain-lain memiliki porsi yang berbeda dalam membentuk kepribadian anak. Misal seorang anak yang tinggal di lingkungan sekolah pasti memiliki kepribadian yang berbeda dengan anak yang tinggal dilingkungan pasar.
Setiap individu dalam berinteraksi selalu melibatkan individu lain baik yang berkelompok maupun tidak. Dalam hubugannyaindividu dapat mengubah, memperbaiki bahkan merusak eksistensi suatu kelompok/lingkungan demikian juga sebaliknya. Perilaku yang menyimpang belum tentu karena adanya keinginan dari dalam pemuda itu sendiri melinkan lingkungan yang dibentuk oleh generasi terdahulu juga berpotensi memicu tindakan yang menyimpang oleh pemuda.
Jurang pemisah antar golongan akan musnah jika kita memandang semua golongan itu dengan derajat yang sama. Dengan demikian tidak ada pertentangan antara pemuda, orang dewasa, dan anak-anak secara fundamental. Tidak ada generasi yang menganggap dirinya pelindung generasi sekarang atau yang akan datang. Semuanya bertanggung jawab atas kelangsungan hidup generasi sekarang dan yang akan datang. Meskipun ada perbedaan dalam pola pikir, menghayati makna hidup semata-mata disebabkan oleh perbedaan antara kelompok-kelompok yang ada, antara generasi tua dan generasi muda misalnya, terletak pada tingkat dan ruang lingkup tanggung jawabnya masing-masing.
Dikutip dan diedit dari :
Ahmadi, Abu. 1997. Ilmu Sosial Dasar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
http://lunaticredmoon.blogspot.com/2010/11/pemuda-dan-sosialisasi.html
Munculnya jurang pemisah antara generasi muda dan generasi tua merupakan akibat dari benturan dua kebudayaan yaitu tradisional dan modern. Dimana budaya tradisional itu dianut oleh generasi tua yang terdahulu dan budaya modern dikembangkan oleh generasi muda yang telah tercium arus globalisasi dengan tujuan untuk mengadakan perubahan-perubahan yang lebih baik dari generasi orang tua. Perkembangan dengan tidak adanya kematangan/kedewasaan mental dan arah yang baik dapat menimbulkan masalah.
Orang tua mempunyai kebiasaan dalam mendidik anak yaitu dengan menurunkan nilai-nilai budaya dan penerusan kebiasaan mereka. Dewasa ini pemuda seringkali mengambil langkah sendiri dalam menjalani hidupnya tanpa menghiraukan pendidikan yang diberikan orang tuanya. Hal ini dikarenakan adanya anggapan dari pemuda bahwa apa yang diberikan oleh orang tua adalah suatu hal yang kuno. Adanya perbedaan situasi kehidupan dan banyaknya perubahan-perubahan yang terjadi memposisikan pendidikan yang diberikan orang tua sudah ketinggalan jaman, dan mreka merasa lebih mengerti dan tahu bagaimana menjalani hidupnya sendiri.
Permasalahan ini adalah pemasalahan generasi yang merupakan suatu masalah masyarakat yang di kenal sejak dulu kala. Yang dipermasalahkan adalah nilai-nilai masyarakat. Bagaimana serasi atau kurang serasi hubungan ini akan tampak dalam saat-saat kritis. Dapat dikatakan bahwa masalah antar generasi merupakan suatu masalah modern. Adapun inti pokok adalah bahwa dalam masyarakat sistem tertutup/tradisional, pembinaan dan proses pendewasaan terjadi secara berlanjut dan diawasi oleh kontrol sosial masyarakat.
Secara klasik masa muda merupakan masa yang paling menyenangkan. Selama ini pemuda merupakan obyek dan bukan subjek bagi pembangunan, membuat mereka hanya sebagai penonton dan penikmat hasil dari pembangunan. Hal ini terjadi karena ketidak percayaangenerasi tua terhadap generasi muda, takut akan terjadi kegagalan dan sikap mengecilkan bukan suatu sikap yang membangun generasi muda menuju ke arah yang lebih baik karena hal itu dapat mengganggu perkembangan mental pemuda. Tidak adanya kesempatan untuk melakukan pembangunan menumbuhkan suatu perasaan yang membosankan dari diri pemuda, sehingga mereka cenderung melakukan perbuatan yang semena-mena.
Sikap meniru perilaku dari orang lain merupakan proses belajar. Maka lingkungan juga memiliki peran yang cukup besar dalam pertumbuhan setiap orang. Lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah dan lain-lain memiliki porsi yang berbeda dalam membentuk kepribadian anak. Misal seorang anak yang tinggal di lingkungan sekolah pasti memiliki kepribadian yang berbeda dengan anak yang tinggal dilingkungan pasar.
Setiap individu dalam berinteraksi selalu melibatkan individu lain baik yang berkelompok maupun tidak. Dalam hubugannyaindividu dapat mengubah, memperbaiki bahkan merusak eksistensi suatu kelompok/lingkungan demikian juga sebaliknya. Perilaku yang menyimpang belum tentu karena adanya keinginan dari dalam pemuda itu sendiri melinkan lingkungan yang dibentuk oleh generasi terdahulu juga berpotensi memicu tindakan yang menyimpang oleh pemuda.
Jurang pemisah antar golongan akan musnah jika kita memandang semua golongan itu dengan derajat yang sama. Dengan demikian tidak ada pertentangan antara pemuda, orang dewasa, dan anak-anak secara fundamental. Tidak ada generasi yang menganggap dirinya pelindung generasi sekarang atau yang akan datang. Semuanya bertanggung jawab atas kelangsungan hidup generasi sekarang dan yang akan datang. Meskipun ada perbedaan dalam pola pikir, menghayati makna hidup semata-mata disebabkan oleh perbedaan antara kelompok-kelompok yang ada, antara generasi tua dan generasi muda misalnya, terletak pada tingkat dan ruang lingkup tanggung jawabnya masing-masing.
Dikutip dan diedit dari :
Ahmadi, Abu. 1997. Ilmu Sosial Dasar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
http://lunaticredmoon.blogspot.com/2010/11/pemuda-dan-sosialisasi.html

Virtual Class Universitas Gunadarma
Virtual class, disebut juga V-class, merupakan fasilitas pengajaran berbasis web, dimana antara dosen dan mahasiswa tidak bertemu secara langsung melainkan melalui unia maya. V class ini berisi materi, soal (per & post test), dan forum diskusi bagi mahasiswa tiap kelas, dan setiap mahasiswa diharuskan untuk mendownload materi dan mengerjakan soal yang sudah disediakan oleh dosen yang bersangkutan sebagai pengganti pertemuan di kelas. Selain itu, didalam v-class mahasiswa juga dapat berdiskusi dengan dosen yang bersangkutan apabila mahasiswa tersebut masih belum memahami materi yang di berikan oleh sang dosen. Seluruh mahasiswa di Universitas Gunadarma bisa mengikuti V-class ini dengan cara membuka halaman url http://v-class.gunadarma.ac.id, lalu login menggunakan NPW dan password studentsite. Melalui V-class, semua mahasiswa dimanapun yang ada di Indonesia dapat mengikuti kuliah yang diselenggarakan oleh Universitas Gunadarma.
Kelebihan V-class yaitu mahasiswa tidak harus berada di dalam kelas untuk mendengarkan materi yang diberikan oleh dosen, yang perlu dilakukan mahasiswa cukup hanya melaui internet untuk menperoleh materi dari mata kuliah dosen yang bersangkutan dengan cara mendownload materi yang diberikan oleh dosennya tersebut. Disini juga ada seksi tanya jawab dengan dosen dan juga soal-test yang harus dijawab untuk menambah nilai mahasiswa. V-class juga tidak dibatasi waktu perkuliahan, meskipun kita mau membukanya pada tengah malam sekalipun. Namun meskipun demikian, V-class juga memiliki kekurangan, seperti pertukaran informasi yang kurang maksimal karena mahasiswa tidak secara langsung berdiskusi oleh dosen, selain itu dosen juga tidak mengetahui apa yang dilakukan oleh mahasiswa dalam mengikuti kelas tersebut.
http://v-class.gunadarma.ac.id/
Kelebihan V-class yaitu mahasiswa tidak harus berada di dalam kelas untuk mendengarkan materi yang diberikan oleh dosen, yang perlu dilakukan mahasiswa cukup hanya melaui internet untuk menperoleh materi dari mata kuliah dosen yang bersangkutan dengan cara mendownload materi yang diberikan oleh dosennya tersebut. Disini juga ada seksi tanya jawab dengan dosen dan juga soal-test yang harus dijawab untuk menambah nilai mahasiswa. V-class juga tidak dibatasi waktu perkuliahan, meskipun kita mau membukanya pada tengah malam sekalipun. Namun meskipun demikian, V-class juga memiliki kekurangan, seperti pertukaran informasi yang kurang maksimal karena mahasiswa tidak secara langsung berdiskusi oleh dosen, selain itu dosen juga tidak mengetahui apa yang dilakukan oleh mahasiswa dalam mengikuti kelas tersebut.
http://v-class.gunadarma.ac.id/

Rabu, 01 Desember 2010
Langganan:
Postingan (Atom)