Select Your Favorite Color

Selasa, 07 Januari 2014

KIAT-KIAT MENGHADAPI INTERVIEW KERJA



Untuk kalian mahasiswa yang baru lulus baik itu lulus dari SMA ataupun Kuliah pasti akan melalui yang namanya proses mencari kerja. Tujuan akhir dari kita sekolah hingga jenjang yang paling tinggi tentulah ingin mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan walaupun mungkin bagi sebagian orang akan memilih menjadi wirausahawan. Ketika kita melamar kerja pasti nantinya akan ada proses penyaringan dari perusahaan yang bersangkutan. Tujuannya tidak lain adalah untuk mendapatkan karyawan yang sesuai kriteria yang diinginkan perusahaan tersebut. Salah satu proses penyaringan pegawai tersebut adalah dengan melalui interview kerja.
Proses interview adalah ketika bagian khusus dari perusahaan untuk menyaring tenaga kerja yang biasa disebut HRD melakukan tanya jawab dan tatap muka secara secara langsung dengan calon karyawan. Jawaban yang kita utarakan akan sangat mempengaruhi apakah kita akan diterima di perusahaan tersebut atau tidak. Lalu bagaimana caranya agar kita dapat lolos dari proses interview dan mendapatkan kerja yang kita inginkan?

Disini saya akan memberikan beberapa kiat-kiat dalam menghadapi proses interview kerja agar kita dapat lolos dalam proses interview dan mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan. Berikut kiat-kiat dalam menghadapi interview kerja yang telah saya rangkum:

1.   Berdoa
Berdoa sebelum melakukan segala sesuatu dapat mengurangi grogi dan meningkatkan rasa percaya diri sebelum kita menjalani proses interview. Secara spiritual pun mental kita akan lebih kuat dalam menjalani segala sesuatu yang penting seperti salah satunya interview kerja.
     
2.   Persiapkan Diri
Sebelum masuk dalam proses interview kerja alangkah lebih baik jika kita menyiapkan terlebih dahulu apa yang akan kita bawa atau bicarakan di hadapan para penguji. Hal umum yang ditanyakan dalm proses interview biasanya adalah tentang pendidikan terakhir dan skill yang dimiliki oleh pelamar. Oleh karena itu persiapkan jawaban yang akan kita bahas ketika penguji menanyakan hal tersebut. Dengan begitu kita akan lebih lancar dalam menjawab pertanyaan penguji dengan lancar.

3.   Jangan Gugup

Ketika proses interview biasanya para pelamar kerja akan merasa gugup ketika berhadapan langsung dengan para penguji. Sebagian besar dikarenakan karena kurangnya persiapan dalam menghadapi interview sehingga akan kesulitan mencari jawaban untuk pertanyaan yang diajukan penguji. Penyebab lainnya adalah karena tidak fokus terhadap apa yang sedang dibicarakan oleh penguji. Oleh karena itu bersikaplah seperti biasanya dan anggaplah penguji tersebut adalah teman yang sedang diajak berbincang namun tetap dalam keadaan menghormati penguji tersebut.
4.   Fokus

Hal terpenting ketika melakukan interview adalah fokus terhadap apa yang sedang dibicarakan oleh penguji. Cermati dengan seksama pertanyaan apa yang diajukan penguji lalu analisa dan jawab dengan tepat pertanyaan tersebut.  Fokus tidak selalu berarti selalu serius namun kita memperhatikan dan menangkap apa yang dimaksud oleh penguji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar